Selamat Datang di Blog Lensa Tekhno, Semoga Artikel Yang Saya Berikan Dapat Bermanfaat Bagi Anda

Sabtu, 20 April 2013

India Berhasil Ciptakan Smartphone Pertama di Dunia yang Dikhususkan untuk Tuna Netra


Bukan hanya orang normal yang membutuhkan perangkat elektronik canggih. Mereka yang lahir dengan kekurangan pun memerlukan kebutuhan serupa. Salah satu contohnya adalah sebuah smartphone atau handphone pintar.
Adalah seorang berkebangsaan India bernama Sumit Dagar yang berhasil menciptakan smartphone untuk tuna netra tersebut. Dan tentu saja handphone yang satu ini tidak menggunakan alfabet biasa, melainkan memakai huruf braille. Dengan begitu para tuna netra tetap bisa membaca email ataupun SMS melalui sebuah smartphone.
Dagar mengklaim bahwa smartphone yang mendukung huruf braille miliknya tersebut merupakan yang pertama di dunia. Dia pun mengklaim bahwa selama dalam masa uji coba, respon yang diterima sangat tinggi. Ke depannya, dia pun menginginkan agar smartphone bikinannya itu mempunyai fitur yang lebih canggih.
Handphone pintar miliknya itu pun memanfaatkan sebuah teknologi yang disebut Shape Memory Alloy. Layar handphone ini pun tidak seperti smartphone pada umumnya, di mana layarnya menggunakan beberapa pin yang bisa naik dan turun. Dan tentunya layar tersebut pun nantinya akan menampilkan huruf-huruf braille.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar